Nefropati Membranosa Pemeriksaan mikroskop cahaya Biasa

kidney-400x266

Pemeriksaan dengan mikroskop cahaya (biasa) tampak glomerulus agak membesar walaupun biasanya normoselular. Gambaran lesi yang karakteristik ini berupa penebalan dinding kapiler glomerulus yang difus dan uniform akibat pengendapan atau deposit imunoglobulin pada sisi sebelah luar (subepitel) membran glomerulus, dan dikenal juga sebagai nefropati epi membranosa atau ekstra membranosa.

Derajat penebalan dinding kapiler glomerulus tergantung dari lamanya penyakit. Pada tingkat awal penyakit mungkin belum terlihat penebalan dinding kapiler glomerulus, tanpa proliferasi sel (epitel, endotel, dan mesangium) dan infiltrasi sel radang; sehingga memberi kesan suatu lesi minimal. Dan berikut obat herbal untuk prostat

Pewarnaan dengan s/yer menimbulkan gambaran menyerupai tooth comb, membran basal tampak seolaholah terputusputus. Gambaran ini disebabkan penonjolan- penonjolan membran basal glomerulus ke luar di antara depositdeposit kompleks imun subepitelial.

Pemeriksaan dengan mikroskop elektron

Pemeriksaan dengan mikroskop elektron sangat berguna untuk mengenal lesi dini yang sulit dikenal dengan mikroskop cahaya (biasa). Ehrenreich & Churg (1969) membagi netropati membranosa berdasarkan derajat kelainan histopatologik :

– DErajat I

Ditemukan deposit imunoglobulin yang sedikit antara membran basal dan foot processes (FP). Umumnya membran basal normal atau hanya mengalami sedikit perubahan. Obliterasi atau perpaduan foo.f processes hanya yang meliputi depo$itiendapan tersebut dan yang lainnya normal

– Derajat II

Ditemukan deposit imunoglobulin yang sengat banyak sehingga membran Le. sal membentuk penonjolan-penonjolan tidak teratur. Pewarnaan dengan PASM

tampak seperti gerigi (sprkes/. Obliterasi atau perpaduan foot processes lersebar luas.

– Derajat IV

Basal membran basalis sangat menebal dan tidak rata. Endapan atau deposit imunoglobulin hampir seluruhnya seolah- olah terbenam dalam basal membran basalis.

Pemeriksaan dengan mikroskop fluoresen (imunolluoresen)

Dengan imunofluoresen tampak endapan lg G dan Ca, granular dan uniform sepanjang membran basal kapiler glomerulus. Kadang-kadang ditemukan endap- an lg M dan lg A. Endapan Clq dan Co larang ditemukan dibandingkan dengan ca.

Jumlah endapan bervariasi dengan tingkat penyakitnya. Pada tingkat awal endapan relatif sedikit, kemudian menjadi banyak pada tingkat lebih lanjut dan pada fase terminal berkurang lagi atau tidak tampak lagi. Selama remisi endapan lg G biasanya hilang.

  1. Glomerulosklerosis fokal.

Glomerulosklerosis fokal dinamakan juga sklerosis glomerulus fokal dan segmental dan hialinosis, dan sklerosis fokal. lstilah lesi fokal menunjukkan kelainan mengenai beberapa (tidak semua) glomeruli, sedangkan lesi segmental hanya menunjukkan kelainan pada sebagian dari satu glomerulus. Penyakit ini pada stadium’ permulaan memperlihatkan lesi-lesi progresif yang bersifat segmental dan fokal dan akhirnya mengenai seluruh glomerulus. Pada stadium permulaan lesi hanya mengenai jukstamedular glomerulus sehingga sulit dibedakan dengan lesi minimal terutama bila biopsi ginjal kurang dalam dan bahan jaringan tidak cukup memadai untuk pemeriksaan histopatologik’ Beberapa ahli patologi ginjal mensinyalir bahwa glomerulosklerosis fokal ini merupakan stadium lanjut lesi minimal.

Tinggalkan komentar